Senin, 04 April 2011

BELIMBING WULUH



Nama latin  :   Averroa bilimbi L
KLASIFIKASI
Masuk ke dalam famili Oxalidaceae.

Beberapa daerah ada yang menyebutnya limeng, selemeng, baliembieng, blimbing buloh, limbi, libi, tukurela, malibi.

SIFAT KIMIAWI
  • Batang  :  saponin, tanin, glucoside, calsium oksalat, sulfur, asam format, peroksidase.
  • Daun  :  tanin, sulfur, asam format, peroksidae, calsium oksalat, kalium sitrat.
EFEK FARMAKOLOGIS
  • Memiliki sifat rasa asam dan sejuk.
  • Menghilangkan sakit
  • Memperbanyak pengeluaran empedu.
  • Antiradang
  • Peluruh kencing
  • Astringent
PENGGUNAAN :
  1. Pegal Linu, Ambil segenggam daun blimbing wuluh yang masih muda . Ditambah 10 biji cengkeh. 15 biji lada. Gilinglah sampai halus dan tambahkan cuka secukupnya. Balurkan ke bagian ytang sakit.
  2. Gondongan. Ambil 10 ranting muda dan daunnya. 4 butir bawang merah. Cuci hingga bersih dan tumbuk hingga halus. Balurkan ke bagian yang sakit.
  3. Batuk pada anak. Ambil segenggam bunganya. Beberapa butir adas. Gula secukupnya. Air 1 cangkir. Kukuslah untuk beberapa jam. Dinginkan dan kemudian saringlah. Bagilah untuk diminum 2 kali di saat pagi dan malam (di saat perut kosong). 
  4. Batuk. Ambil 25 kuntum bunga blimbing wuluh. 2 jari rimpang temu giring. 1 jari kulit kayu manis.2 jari rimpang kencur. 3 bitur bawang merah. Kurang lebih ¼ genggam pegagan. ¼ genggam daun saga. ¼ genggam daun inggu, daun sendok. Cucilah hingag bersih. Potong-potonglah secukupnya. Rebus dengan kurang lebih 5 gelas air. Hingga diperoleh kurang lebih 2½ gelas. Saringlah dan diminumnya dengan madu. Takaran minum adalah 3x¾ gelas. 
  5. Batuk rejan. Ambil 10 buah blimbing wuluh. Cuci hingga bersih dan tumbuklah. Remaslah dengan 3 sendok makan air garam. Kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari.
  6. Panu. Ambil 10 buah blimbing wuluh. Cucilah hingga bersih. Giling hingga halus. Tambah dengan kapur sirih sebesar biji asam. Diremas sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saringlah. Diminum setelah makan.
  7. Sariawan. Ambil bunga blimbing wuluh sebanyak kurang lebih ¾ genggam. Cucilah dan kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai diperoleh 2¼ gelas. Jika sudah dingin kemudian disaring dan diminum. Takarannya 3 x ¾ gelas.
  8. Rematik. Timbang 1 ons daun muda blimbing wuluh. 10 biji cengkeh, 16 biji merica. Cuci lalu giling halus. Tambahkan cuka secukupnya hingga adonan seperti bubur dan oleskan ke bagian yang sakit.
  9. Jerawat. Ambil buah blimbing wuluh secukupnya. Cuci dan tumbuk halus. Diremas dengan air garam seperlunya. Gunakan untuk menghilangkan jerawat dengan menggosokkan adonan tadi ke muka yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari. 
Jika ingin kita tidak repot mencari blimbing wuluh, kita dapat menanamnya di pekarangan kita. Sangat mudah. Tanamlah biji blimbing wuluh. Berilah pupuk secukupnya dan tanah yang sedikit gembur agar tumbuhnya mudah. Tanamlah di tempat yang terbuka dan mudah terkena sinar matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar